Tips Menjaga Pernikahan Agar Romantis & Bahagia

Menikah dan kehidupan dalam pernikahan tentu menjadi hal yang didambakan setiap orang, khususnya sebuah pernikahan yang langgeng dan bahagia. Serta selalu dalam kondisi yang romantis.

Ketika seseorang menikah, tentu ia berharap pasangannya adalah tempat untuk mencurahkan segalanya. Itulah sebabnya anda membutuhkan cara menjaga pernikahan agar selalu romantis dan bahagia.

Di dalam pernikahan yang dibangun oleh sepasang suami dan istri, tentu keduanya berharap tidak akan ada masalah serius yang akan menghancurkan pernikahan itu.

Tips Menjaga Pernikahan Agar Selalu Romantis

menjaga pernikahan

Lalu apa yang harus dilakukan oleh suami dan juga istri, ketika menjalani sebuah hubungan rumah tangga.

Serta apa saja yang harus dilakukan oleh pasangan, dalam mempertahankan pernikahan agar selalu romantis dan juga bahagia. Berikut tipsnya:

1. Komunikasi

Pastikan bahwa anda dengan pasangan selalu memiliki komunikasi yang baik dan lancar. Karena keberhasilan suatu hubungan, tergantung pada sebuah komunikasi yang baik.
Misalnya sesibuk apapun anda dan pasangan, pasangan tetap harus meluangkan waktu berdua. Misalnya mengobrol, saling bercerita dan juga saling mendukung satu sama lain.

Topik pembicaraan bisa pula mengenai kehidupan untuk masa mendatang, pendidikan anak, atau sekedar berbagi cerita mengenai kegiatan di pagi/siang hari. Tampaknya hal ini sepele namun ini bagus supaya pasangan tetap klop.

2. Saling Menghangatkan

Anda bisa membuatkan pasangan anda makanan yang disukai. Tetapi bila anda sedang tidak mood untuk masak sesuatu, anda bisa bertanya pada pasangan apakah akan memesan makanan dari luar saja.

Bila pasangan tetap meminta untuk dibuatkan sesuatu, anda tetap bisa membuatkan masakan yang dia inginkan. Bagi seorang suami, ada bawaan ketika pulang kerja menjadi sesuatu yang berkesan baik untuk istri maupun anak-anak. Walau kecil dan mereka menyukai, percayalah ini begitu terkesan.

3. Jujur dan Saling Percaya

Kejujuran dan kepercayaan adalah dua hal penting yang harus ada di dalam pernikahan setelah komunikasi. Kedua belah pihak harus selalu jujur dan percaya pada pasangannya, karena kedua hal itu adalah poin utama bagaimana sebuah hubungan pernikahan akan langgeng dan baik-baik saja.

4. Mengingat Masa-Masa Indah

Ketika terlintas rasa bosan pada pasangan, sebaiknya anda mengingat kembali masa-masa indah yang pernah anda lalui bersama.

Misalnya masa-masa awal bertemu dan bagaimana akhirnya kalian berdua bisa saling mencintai. Ingatlah masa-masah bahagia, di mana anda sedang benar-benar menginginkannya dan merasa bahagia karena telah dipertemukan dengannya.

5. Katakan Kata Romantis

Jangan segan untuk mengatakan bahwa anda mencintai pasangan anda, kapan pun dan dimana pun. Baik di pagi hari ketika bangun tidur, ketika pasangan anda akan pergi bekerja, atau di malam hari saat anda akan tidur. Serta berikan juga pasangan anda pelukan dan ciuman yang tulus dan manis, setiap harinya.

6. Peringatan Hari Penting

Rayakan hari-hari penting bersama pasangan, walaupun hanya sederhana dan dilakukan di rumah. Misalnya hari ulang tahun masing-masing atau hari pernikahan anda dengan pasangan. Atau bahkan hari pertama anda bertemu dengannya di masa lalu.

7. Saling Mendengar dan Menasihati

Berusahalah untuk selalu menjadi pendengar dan penasihat terbaik bagi pasangan anda. Ketika pasangan anda dalam keadaan jatuh, berilah dukungan yang mempu membuatnya bangkit dan semangat lagi.

Sebaliknya bila pasangan anda sedang berada di atas, ingatkanlah ia selalu untuk selalu berhati-hati dan tidak terlena.

8. Sabar dan Tenang

Bicarakanlah segala permasalahan yang terjadi, dengan kepala dingin dan pikiran yang tenang. Jangan sampai anda atau pasangan hanya marah-marah, mendiamkan atau bahkan meninggalkan pasangan.

9. Saling Mendukung dan Menguatkan

Tak jarang akan muncul situasi dimana salah satu pasangan tertimba musibah, ada masalah-masalah tertentu yang membuat ia down. Hidup sebagai pasangan, suami-istri harus berusaha untuk menyelesaikannya bersama-sama dan saling memotivasi untuk bangkit lagi pada pasangan.

10. Saling Doa

Bagaimanapun, Allah swt yang menguasai langit dan bumi. Segala sesuatu terjadi atas izin-Nya. Termasuk di dalamnya mengenai pernikahan, hubungan suami-istri, dan keluarga. Maka, saling memintalah pada Allah swt supaya jalan kehidupan mudah dilalui, bila ada masalah dimudahkan, dan agar hubungan ini bertahan hingga ditemukan lagi di surga.

Demikianlah 10 cara menjaga pernikahan agar selalu romantis dan bahagia. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini dipersembahkan oleh tim otwhalal.com: situs pernikahan untuk anak muda Indonesia.

Tags: