Unsur Seni Rupa

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai unsur-unsur yang ada dalam seni rupa. Namun sebelum masuk dalam unsur-unsur seni rupa, mungkin diantara kalian masih ada yang belum mengerti apa itu seni rupa. Berikut adalah pengertian dari seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah sebuah kesenian yang membentuk karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap secara kasat mata, dan juga dapat dirasakan ataupun disentuh dengan indera peraba.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa seni rupa adalah cabang kesenian yang menghasilkan suatu karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum karena memiliki bentuk dan wujud yang nyata dan dapat dilihat.

Unsur Seni Rupa

Nah dari penjelasan diatas, tentunya kamu sudah mengerti apa yang dimaksud dengan seni rupa. Selanjutnya kita masuk ke pembahasan inti, yaitu unsur-unsur dalam seni rupa. Dikutip dari bahassemua.com, unsur seni rupa ada 8, yaitu :

1. Titik

Titik

Unsur seni rupa yang pertama yaitu titik. Titik adalah unsur yang paling kecil dan merupakan sebuah dasar dari semua ide seni yang akan diciptakan.

2. Garis

Garis

Garis adalah hasil dari penggabungan antara titik-titik. Garis dalam seni rupa dapat menjadi batasan dari suatu bidang, warna, benda,tekstur, ruang dan lain sebagainya. Garis dibagi menjadi tiga, yaitu menurut wujudnya, jenisnya dan menurut kesannya.

  • Garis menurut wujudnya ada 2, yaitu garis semu dan garis nyata. Garis semu dihasilkan karena adanya perbedaan warna terhadap dua benda atau lebih. Sedangkan garis nyata yaitu garis yang dihasilkan oleh coretan.
  • Garis menurut jenisnya antara lain seperti garis lengkung, diagonal, panjang, pendek, horizontal, vertikal dan lain sebagainya. 
  • Garis menurut kesannya adalah sebuah garis yang digunakan sebagai suatu simbol.

3. Bidang

Bidang

Bidang merupakan sebuah pengembangan dari garis-garis yang digabungkan. Hasil gabungan ini akan membentuk beberapa sisi. Bidang merupakan dimensi kedua yang memiliki lebar dan panjang. Contoh bidang adalah trapesius, persegi, segitiga, dan lain sebagainya.

4. Bentuk

Bentuk

Unsur seni rupa yang selanjutnya adalah bentuk. Bentuk adalah gabungan dari berbagai bidang. Unsur ini akan membuat sebuah karya seni menjadi lebih hidup. Ada beberapa jenis bentuk yakni bentuk geometris dan non-geometris. Contoh bentuk geometris seperti tabung, kubus, atau balok. Sedangkan contoh bentuk non-geometris seperti manusia, alam atau hewan.

5. Ruang

Ruang

Ruang merupakan unsur seni rupa yang memiliki 2 sifat, yaitu sifat semu dan sifat nyata. Dalam seni rupa 3 dimensi ruang bersifat nyata karena dapat dirasakan dan dinikmati secara langsung. Sedangkan dalam seni rupa 2 dimensi, ruang bersifat semu karena hanya berupa gambaran saja.

6. Warna

Warna

Unsur ini akan membuat karya seni tampak lebih hidup dan eksesif. Dalam teori, warna dibagi menjadi 5 bagian yaitu :

  • Warna Primer, yaitu warna dasar yang tidak dapat diperoleh dari campuran warna lain. Contoh : merah, kuning, dan biru.
  • Warna Sekunder, adalah warna yang dapat diperoleh dengan mencampur dua warna dasar dalam takaran tertentu. Contoh : ungu, hijau dan orange.
  • Warna tersier, yaitu warna yang dihasilkan dari pencampuran warna sekunder.
  • Warna analogus, merupakan deretan warna yang letaknya berdampingan atau bersebelahan dalam lingkaran warna. Contohnya adalah kuning kehijau-hijauan atau orange kemerah-merahan.
  • Warna komplementer, yakni warna kontras yang letaknya berseberangan dengan lingkaran warna. Contohnya kuning dengan ungu, merah dengan hijau, dan lain sebagainya.

7. Tekstur

Tekstur termasuk dalam salah satu unsur seni rupa. Tekstur dalam seni rupa adalah keadaan permukaan bidang pada suatu karya seni. Setiap benda tentunya memiliki tekstur yang berbeda-beda. 

8. Gelap Terang

Gelap Terang

Unsur seni rupa yang selanjutnya atau yang terakhir adalah gelap terang. Unsur gelap terang bergantung pada intensitas cahaya. Artinya semakin kecil intensitas cahaya maka akan semakin gelap, sebaliknya jika semakin besar intensitas cahaya maka akan semakin terang. Dalam karya dua dimensi, unsur gelap terang dibuat berdasarkan pemilihan warna dan gradasi.

Demikian pembahasan mengenai unsur seni rupa. Semoga bermanfaat.

Tags: