Usaha Ikan Hias Rumahan

Usaha ikan hias rumahan adalah salah satu bisnis yang dapat memberi keuntungan cukup besar.

Peminat ikan hias saat ini jumlahnya kian melonjak. Hal tersebut, dibuktikan dengan banyaknya komunitas pecinta ikan hias di berbagai kota.

Dalam proses merintisnya, bisnis ini membutuhkan modal dan keterampilan dagang yang bagus.

Peluang Memulai Bisnis Ikan Hias

Meskipun tergolong usaha rumahan, bisnis ikan hias tidak terlalu mudah untuk dijalankan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, serta diperlukan keahlian dan keterampilan dalam perawatannya.

Karena ikan hias memiliki perlakuan yang berbeda, baik ikan hias air tawar ataupun ikan hias air laut.

Dengan habitat ikan hias yang berbeda-beda, maka pemahaman dalam perawatannya pun harus sesuai.

Selain itu, pemasaran ikan hias yang baik juga diperlukan supaya bisnis Anda dapat berjalan.

Namun dengan kesulitan tersebut, usaha ikan hias rumahan ini dapat memberi keuntungan yang besar jika sudah memiliki target pasar yang pasti.

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias

Bisnis ini sama saja dengan bisnis lainnya, ada peluang rugi dan peluang untung. Dalam menjalankannya ada kesulitan-kesulitan tertentu yang memang harus dipelajari.

Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya banyak-banyak mempelajari bisnis ini serta memahami berbagai hal yang harus disiapkan.

Berikut inilah tips memulai bisnis ini yang telah kami dapatkan dari BukuWarung.com, silahkan simak dengan baik.

1. Mengetahui Jenis Ikan Hias

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis ini, yaitu mengetahui berbagai jenis ikan hias.

Dengan mengetahuinya, Anda akan lebih mudah dalam memenuhi keinginan para pembeli dan dapat menjelaskan ikan-ikan yang Anda jual. Ikan hias air tawar, memiliki perawatan yang cukup sederhana bila dibandingkan dengan ikan hias air laut.

Jenis ikan hias yang Anda jual, akan sangat mempengaruhi proses penjualannya. Hal yang sangat utama dilakukan, yaitu sebaiknya Anda menentukan target pasar. Jika targetnya menengah kebawah, maka sebaiknya jenis ikan yang Anda jual adalah ikan air tawar seperti koki, cupang, koi, lohan dan lain-lain.

2. Memahami Cara Memelihara Ikan Hias

Setelah menentukan jenis ikan hias, selanjutnya Anda harus memahami cara memelihara dan merawatnya.

Dengan memahaminya, kesehatan dan kualitas ikan hias akan terjaga dengan baik. Mulai dari pemberian pakan, pembersihan air, pemberian vitamin, oksigen yang cukup dan lain sebagainya.

3. Mencari Supplier Ikan Hias Yang Terpercaya

Ketika memulai bisnis ikan hias, maka sudah pasti akan memerlukan supplier. Sebaiknya, pilihlah supplier yang terpercaya dan menjadi pemasok tetap di usaha ikan hias.

Dengan begitu, akan lebih memudahkan jika stok ikan hias di toko Anda sudah habis. Biasanya pemasok terpercaya memiliki budidaya sendiri, sehingga kualitasnya dapat terjamin.

4. Menentukan Harga yang Bisa Bersaing dengan Pasar

Bisnis rumahan ikan hias, ternyata memiliki persaingan yang cukup sulit. Oleh karena itu, cukup penting bagi Anda untuk menentukan harga ikan hias yang dapat bersaing.

Bisa mulai dengan survey harga pasar terlebih dahulu, supaya harga yang ditentukan tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Dengan begitu, harga yang Anda tentukan dapat ikut bersaing dengan pasar.

5. Mengenali Pesaing yang Memiliki Usaha Sama

Dalam berbagai bisnis, mengenali para pesaing pada bisnis cukup penting. Dengan mengenalinya, Anda bisa mengetahui berbagai kualitas dan harga di pasaran.

Selain itu, persiapan yang bagus dan matang juga diperlukan supaya bisnis yang dijalankan dapat sukses dan mendatangkan keuntungan.

Terlebih lagi, jika Anda menjalankannya karena hobi atau kegemaran.

Usaha ikan hias rumahan, memiliki prospek dan peluang keuntungannya sendiri. Jangan salah kira, peminat dari ikan hias terus meningkat tiap tahunnya, sehingga bisa mendapat keuntungan besar.

Selain itu, promosi ikan hias dan berbagai perawatan ikan harus dilakukan dengan baik, supaya kualitas dan kesehatannya dapat terjaga serta dapat terjual sesuai target yang ditentukan.

Tags: