Wisata Alam di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan sebuah propinsi di Pulau Jawa yang mana sesuai dengan namanya, yaitu propinsi yang letaknya berada di bagian paling timur dari pulau Jawa.

Perlu Anda ketahui bahwa Jawa Timur memiliki wilayah yang sangat luas dengan totalnya mencapai sekitar 47922 km². Luas wilayahnya ini membuat Jawa Timur menjadi propinsi paling luas di antara 6 propinsi lainnya yang ada di Pulau Jawa.

Selain itu Jawa Timur juga menjadi propinsi dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Jawa.

Wisata-Alam-Jawa-Timur

Propinsi Jawa Timur secara geografis wilayahnya memiliki topografi yang sangat bervariasi di mana terdiri dari daerah pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, serta kawasan pantai.

Jawa Timur juga dikenal sebagai salah satu propinsi yang menyimpan potensi wisata yang begitu besar. Dengan banyaknya tenpat wisata di jawa timur tentu saja akan bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Apabila Anda adalah seorang yang menyukai keindahan alam, maka Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata alam yang berada di Jawa Timur yang sudah terkenal sampai mancanegara.

Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Mengagumkan

1. Gunung Bromo

Salah satu tempat wisata alam yang paling populer di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Tempat wisata yang satu ini bahkan telah menjadi ikon pariwisata di Jawa Timur.

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut di mana Anda akan bisa menyaksikan panorama alam yang sangat indah. Selain itu Anda juga akan bisa menemukan lautan pasir yang sangat luas.

Lautan pasir ini merupakan pemandangan yang unik bagi masyarakat Indoensia. Karena ini mirip padang pasir yang ada di daerah arab. Hamparan pasir ini menjadi daya tarik tersendiri yang menambah keindahan panorama di Bromo.

Gunung Bromo berada di wilayah perbatasan antara Malang empat kabupaten wilayah Jawa Timur. 4 kanupaten itu adalah Kaputen Malang , Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kapupaten Lumajang.

Gunung Bromo sangat mudah diakses dari tiap wilayah kabupaten tersebut. Namun paling sering perjalanan ke gunung Bromo melalui wilayah kabupaten Malang.

Di gunung Bromo terkenal dengan penduduk aslinya yang sampai sekarang masih lestari yaitu suku Tengger. mereka adalah warga Majapahit yang menyingkir ke gunung Bromo.

Sampai sekarang budaya hindu di gunung Bromo masih sering ditemui ketika kita berwisata ke gunung Bromo tersebut.

Pemandangan gunung Bromo sangat indah, seolah-olah kita berada di atas awan ketika sedang berkunjung disana. Warga Bromo menyebutnya dengan negeri diatas awan dengan panorama memukau yang terkenal sampai mancanegara.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah salah satu wisata alam di Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Jawa Timur.

Kawah Ijen dari gunung Ijen ini tepatnya berada di wilayah perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso Jawa Timur. Kawah Ijen memiliki pemandangan yang sangat indah sekali. Kawah Ijen terkenal dengan api birunya yang keluar dari kawah.

Masyarakat sekitar menyebutnya dengan “Blue Fire”. Kawah Ijen sangatlah populer yang jadi ikon wisata Banyuwangi dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Anda akan bisa menyaksikan blue fire yang mana merupakan fenomena langka di dunia, selain itu Anda juga bisa menyaksikan kegiatan penambangan belerang secara langsung.

Pokoknya pemandangan yang ada di Kawah Ijen tiada duanya di dunia, Anda layak untuk berkunjung ke kawah Ijen jika Anda berkunjung ke Jawa Timur.

3. Pantai Klayar

Tempat wisata alam berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi di Jawa Timur adalah Pantai Klayar. Tempat wisata yang satu ini akan menyuguhkan panorama alam khas pantai yang sangat menakjubkan.

Pantai Klayar adalah pantai dengan hamparan pasir putih yang ada di daerah Pacitan Jawa Timur. Pantai Klayar ini berbatasan dengan wilayah Wonogiri Jawa Tengah yang merupakan hamparan pantai samudera Hindia.

Perjalanan menuju ke pantai Kalayar ini masih sangat alami dan natural. Anda kan disuguhi dengan pemandangan alam yang menakjubkan seperti jalan yang berliku-liku dan banyak ditemui goa-goa di ppinggir jalan.

Pantai Klayar ini selain memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah juga terdapat pemandangan yang sangat memukau ketika ombak menghantam karang.

Karena di pantai Klayar ini terdapat batu karang berongga di bibir pantai yang jika ada ombak maka ombak akan mauk ke rongga pada batu karang dan akan memuncratkan air dari rongga tersebut.

Tempat wisata pantai Klayar ini sangat layak untuk Anda kunjungi jika Anda sedang berkunjung ke Jawa Timur.

4. Gili Labak

Gili Labak merupakan salah satu tempat wisata alam di Jawa Timur yang mana juga akan sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Tempat wisata yang satu ini lokasinya berada sebelah tenggara pulau puteran, Sumenep, Madura. Gili Labak sendiri merupakan sebuah pulau yang akan menawarkan pesona alam yang begitu indah.

Gili Labak memilki pemandangan hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau. Di Gili Labak Anda bisa melihat biota laut yang sangat banyak dengan kejernihan airnya.

Tempat wisata ini bisa Anda capai dengan menggunakan perahu motor dengan tarif sewa Rp 350.000 rupiah.

5. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata alam kelima yang juga bisa Anda kunjungi di Jawa Timur adalah Taman Nasional Baluran. Tempat wisata ini lokasinya berada di dua kabupaten sekaligus yakni Situbondo dan Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran memiliki luas wilayah sekitar 25 ribu hektar, para wisatawan akan bisa menemukan savana atau padang rumput yang sangat luas sehingga suasananya menyerupai Afrika.

Taman nasional Baluran ini mempunyai pemandangan savana yang sangat indah dan binatang-binatang liar menghiasi pemandangan savana yang luas yang dilindungi oleh pemerintah.

Demikian 5 tempat wisata di Jawa Timur yang bisa Anda jadikan destinasi wisata ketika Anda berkunjung ke sana. Apabila Anda ingin menikmati keindahan pesona alam di Jawa Timur, maka tidak ada salahnya apabila Anda berkunjung ke beberapa tempat wisata di atas.

Tags: