Wisata Jombang

Siapa sangka, Jombang yang dikenal sebagai Kota Santri ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang mempesona dan wajib untuk dieksplore. Jombang memang tidak mempunyai pesisir pantai, namun tempat wisata yang dimiliki dijamin tidak kalah menarik dari kota-kota lainnya. Berbagai tempat Wisata Jombang dijamin membuat takjub terutama bagi yang baru pertama kali jalan-jalan ke Jombang.

Jombang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang lokasinya mudah dijangkau menggunakan berbagai moda transportasi darat seperti bus, kereta api hingga mobil pribadi. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jombang, jangan lewatkan merencanakan kunjungan ke tempat-tempat wisata berikut ini.

7 Destinasi Wisata Jombang

  1. Air Terjun Tretes Pengajaran

Air terjun Tretes Pangajaran memiliki tinggi 158 meter dan menawarkan pemandangan alam yang masih asri serta memanjakan mata. Untuk menuju air terjun yang berlokasi di Dusun Pengajaran, Kelurahan Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang ini Anda harus melalui jalan yang sulit dan jauh. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang serba hijau di sepanjang perjalanan. Setibanya di lokasi air terjun, terdengar suara aliran air yang deras sehingga mampu mengobati rasa lelah selama menempuh perjalanan.

  1. Kampoeng Djawi

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang berpadu dengan penginapan yang bangunannya didesain khas budaya Jawa. Anda bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang masih sangat alami di Kampoeng Djawi. Selain itu, Anda bisa berenang di kolam outdoor dengan latar belakang pemandangan pegunungan. Kawasan Kampoeng Djawi dibangun dengan interior maupun eksterior bernuansa kerajaan Jawa sehingga dijamin sangat otentik dan menakjubkan. Anda bisa datang ke Dusun Gondang, Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Jombang untuk membuktikan sendiri keindahan yang ditawarkan oleh Kampoeng Djawi.

  1. Bukit Selo Ringgit

Bukit Selo Ringgit berada di Desa Panglungan, Wonosari, Jombang. Tempat wisata ini berlokasi di puncak bukit dan menyuguhkan pemandangan alam perbukitan tertutup kabut yang memukau. Suasana di Bukit Selo Ringgit semakin sempurna dengan udaranya yang sangat sejuk khas pegunungan.

  1. Candi Rimbi

Candi Rimbi merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit dengan setengah bagian candi sudah mendekati hancur. Candi ini dahulu dipakai untuk penghormatan kepada pemimpin Kerajaan Majapahit bernama Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani. Jika Anda tertarik ingin berwisata sejarah di Candi Rimbi, silahkan datang ke Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang.

  1. Gua Sigolo Golo

Gua Sigolo Golo terletak di kawasan Wonosalam dan mempunyai bentuk menyerupai lorong namun tidak begitu dalam. Uniknya, ketika Anda keluar melalui lorong gua tersebut akan tampak pemandangan khas dataran tinggi yang begitu indah. Perbukitan hijau juga akan terlihat dan dipenuhi pohon-pohon sehingga dapat memberikan ketenangan pada hati maupun pikiran.

  1. Kedung Cinet

Kedung cinet menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jombang karena memiliki air sungai yang jernih dan berada di tengah batuan kapur. Perpaduan sungai dan batuan kapur menyerupai tebing tersebut sekilas tampak menyerupai Grand Canyon. Kedung Cinet menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan dan cocok untuk spot selfie.

  1. Taman Ponggok Bandar

Taman satu ini terletak di Desa Banjarsari, Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang. Taman Ponggok Bandar dipenuhi oleh bunga marigold warna oranye dan kuning sehingga terlihat sangat menawan. Anda bisa mengelilingi taman untuk menikmati pemandangan bunga-bunga yang ditanam dengan rapi. Taman Ponggok Bandar memiliki jenis tanaman lain, seperti bunga matahari, labu dan padi. Bagi Anda yang ingin berburu foto, taman ini merupakan pilihan terbaik.

Berbagai tempat wisata Jombang di atas bisa Anda jadikan referensi destinasi saat berkunjung ke Jombang. Apalagi harga tiket masuk tempat-tempat wisata tersebut cukup terjangkau dan  mudah dijangkau. Sehingga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau orang-orang terdekat Anda saat liburan tiba.  Dan tempat wisata yang dapat dijadikan alternatif dikawasan ini yaitu Museum Angkut, temukan penjelasannya di rutemu.com.

Tags: